HAIJOGJA.COM – Tiga desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih gelar juara dalam acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Bahkan, satu desa wisata di DIY berhasil meraih gelar juara pertama dalam kategori Desa Wisata Maju.

Ketiga desa wisata di DIY yang memenangkan penghargaan dalam ajang bergengsi tersebut adalah Desa Wisata Wukirsari yang terletak di Kabupaten Bantul. Desa wisata ini berhasil meraih gelar juara I dalam kategori Desa Wisata Maju.

Selanjutnya, Kampung Wisata Purbayan di Kota Jogja berhasil meraih gelar juara II dalam kategori Desa Wisata Berkembang.

Sementara itu, satu desa wisata lainnya, yaitu Desa Wisata Hargotirto di Kabupaten Kulonprogo, berhasil meraih gelar juara V dalam kategori Homestay dan Toilet.

Tiga Desa Wisata di Yogyakarta Meraih Juara ADWI Award Tahun 2023
Tiga Desa Wisata di Yogyakarta Meraih Juara ADWI Award Tahun 2023

Selain ketiga penghargaan tersebut, Desa Wisata Wukirsari juga dianugerahi penghargaan Rekor MURI atas jumlah perajin batik tulis terbanyak.

Seperti yang dikutip dari jogjaprov.go.id, Desa Wisata Wukirsari terletak di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul.

Desa wisata ini menampilkan berbagai potensi, termasuk kerajinan batik tulis, kerajinan kulit, dan kerajinan lainnya.

Tidak hanya menampilkan berbagai kerajinan turun-temurun, Desa Wisata Wukirsari juga memiliki potensi alam yang memukau, meliputi perbukitan, sungai, hutan, dan lahan pertanian.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan pers, menyampaikan bahwa program ADWI yang telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya diharapkan dapat menjadi pendorong bagi perekonomian desa.

“Semakin banyak masyarakat dan wisatawan yang tertarik dan ingin mengetahui pesona di desa wisata, sehingga diharapkan dapat mendorong terciptanya 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024,” ujar Sandiaga.

Ia menjelaskan bahwa melalui ADWI ini, desa wisata memiliki wadah promosi untuk menampilkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan lokal maupun internasional.

Selain itu, program ini juga mendorong daerah untuk menciptakan desa wisata baru yang dapat menggerakkan perekonomian desa.

Pemberian penghargaan kepada desa wisata dalam acara ADWI 2023 dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada hari Minggu (27/8/2023).