HAIJOGJA.COM – Hutan rakyat seluas 1,5 hektare yang berada di atas tanah Sultan Ground di Dusun, Gowak, Seloharjo, Kapanewon Pundong, Bantul Minggu (10/9/2023) malam terbakar.

Tidak ada korban jiwa, namun api sempat mengancam permukiman penduduk.

Kejadian ini pertama kali diketahui oleh Deny warga setempat. Saat itu saksi melintas di Dusun Dukuh arah Dusun Geger dan melihat ada percikan api. Kejadian ini kemudian dilaporkan kepada dukuh dan diteruskan ke polisi.

Menurut Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, kebakaran itu pertama kali diketahui oleh seorang warga yang kebetulan melewati lokasi sekitar pukul 19.30 WIB.

“Warga itu melihat ada api yang berkobar di lahan tersebut dan langsung melapor kepada kepala dukuh,” ujarnya, Senin (11/9/2023).

Warga berupaya memadamkam api menggunakan peralatan seadanya. Tiupan angin yang kencang dan banyaknya daun kering menjadikan proses pemadaman sulit dilakukan

Api baru bisa dipadamkam setelah mobil pemadam dari BPBD Bantul diterjunkan untuk membantu memadamkam api. Setelah berjibaku selama dua jam, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Adapun penyebab kejadian tersebut, belum dapat diketahui secara pasti.

Bahkan, hingga kini penyebab kebakaran tersebut masih dilakukan identifikasi oleh intansi terkait.