HAIJOGJA.COM – ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul bakal kembali menggelar Symphony Gumuk Pasir 2023

Ajang musikal ini akan berlangsung di kawasan Gumuk Pasir Barchan, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul pada Minggu (24/9/2023) mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai.

Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan bahwa Symphony Gumuk Pasir merupakan acara tahunan yang sudah memasuki gelaran ketiga.

“Tahun ini kita coba kolaborasi dengan ISI Jogja dan kita merambah ke artis nasional karena sebelum-sebelumnya kan artis lokal,” katanya kepada wartawan di Bantul, Rabu (20/9/2023).

Menurut Kwintarto, acara ini bertujuan untuk mengenalkan gumuk pasir Parangtritis ke masyarakat luas. Gumuk pasir di kawasan Parangtritis memiliki tipe barchan yang sangat langka dan hanya ada dua di dunia, satunya di Meksiko.

“Gumuk pasir seperti di Parangtritis hanya ada dua di dunia satunya di Meksiko,” ungkapnya.

Acara Symphony Gumuk Pasir akan dimulai pukul 18.00-21.30 WIB. Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai pertunjukan seni, mulai dari tarian tradisional, fashion show karya desainer Bantul, hingga penampilan Ghea Indraswari yang akan diiringi orkestra dari ISI Jogja.

Kwintarto menambahkan bahwa acara ini gratis bagi pengunjung, kecuali yang ingin menonton di kursi VIP yang dikenakan biaya Rp 75 ribu per orang.

Namun, pengunjung tetap harus membayar retribusi masuk kawasan pantai. “Secara prinsip untuk menonton pertunjukan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Tapi tetap bayar TPR (retribusi masuk kawasan pantai), bukan gratis itu tidak bayar TPR,” ucapnya.