HAIJOGJA.COM – Tak heran jika jogja disebut sebagai kota pelajar, Tentunya hal ini bukan tanpa alasan karena Yogyakarta memiliki banyak Univeristas dengan pendidikan unggulan.

Ada banyak jurusan di Kampus atau Universitas di Jogja, salah satunya jurusan yang kini banyak diminati oleh mahasiswa baru yaitu Teknik Informatika.

Meskipun ada banyak sekali kampus  atau univeristas di Jogja, Namun tidak semuanya menyediakan jurusan Teknik Informatika untuk mahasiswa baru.

Nah Buat kamu yang ingin menempuh jenjang pendidikan perkuliahan di Jogja, kamu wajib tahu mana saja Universitas di Jogja yang menyediakan jurusan Teknik Informatika

Universitas Jurusan Teknik Informatika di Jogja

Berikut daftar universitas di jogja yang menyediakan jurusan teknik informatika dengan status akreditasi terbaik dan sudah memiliki peringkat DIKTI

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

"</p

Universitas di jogja yang menyediakan jurusan teknik informatika yang pertama adalah Universitas Islam Indonesia atau disingkat UII, Kampus ini tergolong sebagai salah satu kampus terbaik yang berhasil melahirkan banyak lulusan berkualitas.

Universitas ini menyediakan Jurusan Teknik Informatika dengan prodi yang dibawahi oleh Fakultas Teknologi Industri. Seiring berjalannya waktu, Jurusan Teknik Informatika di UII telah mengembangkan pendekatan pembelajaran yang sangat unggul dan berbeda dari sebagian besar universitas lainnya, di antaranya:

  • Informatika Forensik Digital
  • Informatika Medis
  • Sains Data
  • Sistem Informasi Enterprise

Alamat Teknik Informatika UII

Gedung KH. Mas Mansyur Lantai 2. Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang KM. 14,5 Sleman Yogyakarta 55584

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

<yoastmark class=

Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika di Jogja Berikutnya adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Jurusan Teknik Informatika di Kampus UAD ini sudah berakreditasi A.

Tidak heran jika banyak calon mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikan dengan jurusan Teknik Informatika di Universitas ini.

Jurusan Teknik Informatika di Jogja khususnya UAD juga menginginkan adanya sebuah pencapaian, entah itu prestasi ataupun implementasi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sasaran mutu Teknik Informatika UAD setiap tahunnya juga mengalami peningkatan, dimana IPK lulusan pada kurun waktu 2016-2020 meningkat dari yang tadinya 3.35 menjadi 3.55.

Alamat Prodi Teknik Informatika UII

Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Bangutapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kode Pos 55191.

3. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

Berdasarkan nama kampusnya saja sudah terlihat, bahwa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) tentunya kampus ini punya kualitas baik di Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan Teknik informatika di Kampus UTY juga sudah terakreditasi A, Kampus UTY juga Berkomitmen menghasilkan tenaga IT profesional dibidang sistem cerdas, basis data dan sistem web. Kurikulum dirancang untuk menghasilkan tenaga IT profesional

Selain itu  Kampus ini juga sudah bekerja sama dengan program sertifikasi bersama MICITA (Microsoft Innovation Centre IT Academy).

Alamat Teknik Informatika UTY

Berada di Kampus Pusat UTY Lantai 1 yang beralamat di Jalan Siliwangi Ringroad Utara, Jombar, Mlati, Sleman, Yogyakarta

4. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

<yoastmark class=

Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika di Jogja berikutnya adalah Universitas Kristen Duta Wacana atau disingkat UKDW

UKWD ini merupakan salah satu kampus terlama yang sudah menyediakan Jurusan Teknik Informatika bagi mahasiswa baru yang ingin mengemban pendidikan di UKWD. Selain itu UKWD juga banyak menjalin relasi dengan badan sertifikasi nasional dan juga internasional.

Badan sertifikasinya ada Lembaga Sertifikasi Professional (LSP), CISCO (CISCO Academy), Telematika Pearson VUE, ORACLE (OAI dan OWDPP), AVNET (Certified Ethical Hacker), Microsoft (MSDNAA), dan EduGate (SAO). Kalau kamu punya salah satu sertifikat tersebut, tentu akan menjadi nilai plus saat kamu melamar pekerjaan.

Alamat Teknik Informatika UKWD

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.5-25 Yogyakarta.

5. Univeritas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY)

Univeritas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY)
Univeritas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas jurusan Teknik Informatika di Jogja berikutnya adalah Univeritas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY). Jurusan Teknik Informatika di UMY masuk dalam fakultas Teknologi informasi.

Dimana Karakteristik lulusan prodi TI mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi Teknik, deskriptor kualifikasi sdm level 6 pada KKNI dan Curriculum Guidelines for Undergraduate Degree Programs in Information Technology, 2008, Association for Computing Machinery (ACM) and IEEE Computer Society.

Alamat Fakultasi Teknologi Informasi UMY

Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

6. Universitas Atma Jaya (UAJY)

<yoastmark class=

Universitas Atma Jaya atau disingkat UAJY merupakan Univeristas di Jogja yang menyediakan jurusan Teknik Informatika yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

Kampus ini menerapkan kurikulum berbasis komptensi dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dengan menyediakan kerjasama dengan beberapa vendor terkemuka seperti ORACLE, NIIT dan Microoft

Alamat Program Studi Informatika UAJY

Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

7. Universitas AMIKOM Yogyakarta

<yoastmark class=

Universitas di Jogja yang menyediakan jurusan teknik informatika yang terkahir adalah Universitas AMIKOM Yogyakarta

Sebelum menjadi sebuah universitas, AMIKOM dulunya merupakan lembaga pendidikan dengan nama STMIK. Namun, seiring perjalanan waktu, STMIK AMIKOM Yogyakarta mengalami perubahan nama dan akhirnya memperoleh legalitas sebagai universitas.

Jurusan Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta masuk dalam Fakultas Ilmu Komputer, Selain S1 Teknik informatika AMIKOM juga menyediakan S2 Magister Teknik informatika

AMIKOM juga sudah meluluskan banyak sekali mahasiswa yang kompeten di Bidang IT. Selain itu kurikulum prodi di AMIKOM juga berfokus pada praktik dari pada teori.

Alamat Teknik Informatika AMIKOM Yogyakarta

Kampus : Jalan Ringroad Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

Nah, Itulah daftar kampus atau Universitas Jurusan Teknik Informatika di Jogja yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Semua kampus tadi berlamat di Jogja, dan jika kalian berminat ingin menempuh pendidikan perkuliahan di salah satu kampus tersebut, bisa langsung mendaftar. Semoga Informasi ini bermanfaat.