HAIJOGJA.COM – Sebuah gang sempit di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, menjadi viral di media sosial Instagram karena lantainya ditaburi bunga.

Gang ini berukuran kurang dari 1 meter dan berada di antara toko batik, seberang sebuah hotel berbintang. Gang ini merupakan jalan masuk ke tiga rumah warga yang berada di belakangnya.

Namun, ternyata ada alasan mengapa gang ini ditaburi bunga. Menurut salah satu penghuni rumah, Echa Marantika, hal ini dilakukan untuk mencegah orang kencing sembarangan di gang tersebut.

Sebelumnya, gang ini sering menjadi tempat buang air kecil oleh orang-orang yang lewat, sehingga menimbulkan bau dan membuat tidak nyaman.

“Jadi inisiatif, ditaburi bunga biar pada takut, biar enggak pada kencing sembarangan di dalam gang. Soalnya ini (jalan) masuk ke 3 rumah,” ujar Echa, Jumat (15/9/2023).

Echa mengaku sering berjualan kopi di ujung gang, namun masih saja ada orang yang nekat kencing di sana.

Dia pun merasa kesal dan memutuskan untuk menabur bunga di lantai gang. “Jualan sudah ditaruh di sini (ujung gang), tapi masih sempat buat kencing. Bikin bau,” katanya.

Echa menegaskan bahwa pemberian bunga ini tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis, melainkan hanya untuk menakut-nakuti orang yang tidak bertanggung jawab. “Enggak ada (mistis),” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Cagar Budaya Kota Yogyakarta Ekwanto mengatakan bahwa ada beberapa toilet umum yang bisa digunakan oleh masyarakat di sekitar Jalan Malioboro.

Toilet-toilet tersebut berada di Teras Malioboro 2, Kepatihan, Masjid, dan depan kantor Bank Indonesia. “Kalau toilet umum itu di TM2 kemudian di Kepatihan, kemudian di masjid Itu, kemudian juga di toilet internasional depan BI itu,” kata dia.