HAIJOGJA.COM – PLN terus berupaya mengurangi gas emisi dalam pengolahan energi terbarukan dengan berbagai program, salah satunya dengan mengganti batubara dengan bahan alternatif seperti dahan pohon.

Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif adalah Indigovera, yang juga bermanfaat sebagai pakan ternak.

Pada Selasa, 5 September 2023, PT PLN Energy Primer Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Provinsi D.I.Y melakukan Pruning Perdana dan Penyemaian Benih Tanaman Pakan Multifungsi di Lapangan Gombang.

Pruning adalah pemangkasan dahan pohon Indigovera yang telah ditanam 6 bulan sebelumnya.

Direktur SDM dan Administrasi PT PLN Energy Primer Indonesia, Bagus Setiawan, menjelaskan bahwa target penanaman tanaman jenis Indigovera dan Caliandra adalah 50.000 pohon di Kalurahan Gombang dan Karangasem.

“Kita harapkan dengan ditanamnya Indigovera ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, dan batangnya dapat dijadikan energi alternatif untuk PLTU Pacitan,” ujar Bagus.

Sri Sultan Hamengkubuwono X yang hadir dalam kesempatan tersebut berpesan agar dalam menjalankan sebuah program untuk tidak meninggalkan kearifan lokal.

“Selain juga pakan ternak, dapat juga untuk meningkatkan kesejahteraan warga yakni dengan sistem tumpang sari, jadi sekitar Indigovera dapat ditanami jagung atau kacang,” tutur Sultan.

Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta berharap kedepan menjadi pintu gerbang didalam meningkatkan ekonomi di Gunungkidul, khususnya untuk pengembangan green economy.