HAIJOGJA.COM – Prabowo Subianto Presiden terpilih pada pemilu 2024, Mengunjungi Desa Ketangi, Playen, Kabupaten Gunung Kidul ( Senin 3/06). Kunjungan tersebut dilakukan Prabowo Subianto untuk meninjau program penyediaan sumber air pertaniaan.

Tepatnya di Lapangan Krida Buana Prabowo tiba pukul 09.30 WIB menggunakan Helikopter, tiba disana prabowo langsung menuju ke titik Sumur Bor yang berjarak 400 Meter. Tak hanya mengunjungi Sumur bor, Prabowo juga meninjau lahan pertanian disekitar.

Pembangunan lubang sumur bor tersebut dilakukan oleh Universitas Pertahanan. Menurutnya, potensi air di kawasan Banyusoco sangat besar. Oleh karena itu, pihaknya terus membangun sumber air di Kabupaten Gunungkidul, termasuk di Banyusoco.

” Alhamdulilah ada potensi air sangat besar. Hari ini saja sekitar 700 hektar lahan sudah dapat diairi. Mudah-mudahan dapat kami airi lagi hingga 7.000 hektar ” Ujar Prabowo.

Sawah kering yang digunakan sebagai percobaan irigasi ditanami padi gogol. Berharap sumber air ini bisa mengoptimalkan lahan yang tadinya kering. Kemungkinan kasus gagal panen dapat dihindari atau diminimalisir.

Sumber air dimanfaatkan untuk 1.009 Hektar dengan rincian 400 Hektar. Anggaran pembangunan sumer air menyentuh angka kurang lebih Rp 8 miliar dengan pipa distribusi dan transmisi merentang sepanjang 78 kilometer. Jadi sumber air dibangun dengan sistem dapat mencukupi untuk 1.000 hektar.

Bupati Gunung Kidul

Bpk Sunaryanta Bupati Gunung Kidul, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Presiden terpilih Prabowo Subianto

“Dia banyak membantu, terutama dalam bidang air minum dan pertanian. “Ke depan akan dibangun lima belas titik lagi,” kata Sunaryanta.