HAIJOGJA.COM – Stasiun televisi lokal di Yogyakarta, ADITV resmi menutup siarannya per 1 Juni 2024. Rekaman momen detik terakhir ADiTV menyiarkan pun diabadikan dalam sebuah rekaman oleh jurnalis Dissy Aulia 31 Mei 2024.

Kabar ini diketahui usai salah seorang jurnalisnya, Dissy Aulia ( ADiTv Jogja ) menuliskan pesan pamit dari grup WA wartawan Sleman, pada Jumat 31 Mei 2024.

Percakapan Perpisahan

Teman-teman semua saya Dissy Aulia mewakili teman-teman ADITV & Crew lainnya, ingin mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya. 

Per hari ini 31 Mei 2024 ADITV terakhir siaran. Terimakasih teman2 jurnalis semuanya & teman-teman humas pemkab Sleman yang sudah menerima saya & ADITV.

Besok 1 Juni 2024 ADITV sudah resmi DITUTUP & tidak beroperasi lagi. Pesan Dissy Aulia. ( 31/06/24 )

Sejarah ADiTv Televisi Lokal Jogja

Dikutip dari berbagai sumber, ADiTv Diluncurkan pada tanggal 18 Juli 2009, bertepatan dengan pelaksanaan Muktammar Muhammadiyah 2009, ADITV adalah sebuah stasiun televisi lokal di Yogyakarta dengan siaran bernuansa Islam. ADiTV sendiri didirikan sebagai hasil amanat Muktammar Muhammadiyah pada tahun 1995.

Stasiun televisi ini awalnya sebagai televisi komunitas yang dimiliki oleh Universitas Ahmad Dahlan, tetapi kemudian berkembang menjadi televisi lokal di Yogyakarta. Hingga kemudian ADiTV dimiliki oleh PT. Arah Dunia Televisi, yang terafiliasi dengan Muhammadiyah dan Yayasan Budi Mulia Dua.

Dipilihnya Jogja sebagai basis ADiTV karena kota ini memiliki wajah dan tempat yang khusus bagi Indonesia sebagai daerah istimewa. Dengan atmosfer pendidikan dan budaya yang masih kental.

Format program ADiTV adalah informasi, edukasi dan budaya lokal yang disajikan dalam bentuk hiburan yang bermaksud untuk menjangkau pemirsa dari segala usia.