HAIJOGJA.COM – Jogja Cross Culture (JCC) kembali digelar untuk keenam kalinya pada Sabtu (25 Mei 2024) di sepanjang Jalan Malioboro bertema Raket Rikat Rakit yang menampilkan puluhan panggung yang masing-masing dibawakan oleh 14 seniman Kemantren.

Wali Kota Jogjakarta Sugeng Purwanto mengatakan, Rikat Rakit Raket memiliki filosofi proses yang menjadi daya tarik pengalaman seni semua pihak melalui kegiatan Jogja Cross Culture 2024.

Dikutip dari laman Pemkot Jogja, Rikat artinya kehidupan masyarakat kota Yogyakarta yang selalu bergerak dan bekerja dengan cepat.

Kemudian Rakit yang artinya saling melengkapi dan menyempurnakan, dan Raket yaitu saling mendukung hidup berdampingan.

Jogja Cross 2024 dapat menjadi ikon promosi dan peluang bagi para pelaku usaha maupun para pecinta seni dan budaya di Jogjakarta.

Meningkatkan perekonomian Kota jogja menjadi jauh lebih meningkat dari sebelumnya.

Festival Jcc 2024 Malioboro ( Foto : Dinas Jogja Istimewa )

Ibu Yetti Martanti dari Direktur Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, mengatakan konsep JCC 2024 berbeda dengan tahun lalu.

Memiliki 15 panggung, 1 di antaranya merupakan panggung utama dan 14 panggung lainnya dikuasai masing-masing Kemantren dengan jarak 1,2 kilometer.

Salah satu penonton yang merupakan wisatawan luar Yogyakarta, mengatakan Jalan Malioboro terasa lebih menarik di banyak titik pertunjukan seni JCC 2024.

Menjadi hiburan yang menarik dan gratis bagi wisatawan atau penduduk lokal. Event Jogja 2024