HAIJOGJA.COM – Jalan Jogja-Wonosari Ruas Patuk Hari Ini Dibuka Normal dan sudah bisa dilewati kendaraan. Jalan ini sebelumnya mengalami perbaikan karena sering rusak akibat genangan air.

Perbaikan jalan ini dilakukan di depan Gapura Selamat Datang Gunungkidul, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Proses perbaikan masih berlangsung, namun jalur kiri yang menuju Gunungkidul dari arah Jogja sudah diaspal dan bisa dilalui kendaraan.

Hal ini terlihat dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @ceritagunungkidul. Video tersebut menunjukkan kondisi jalan yang ramai kendaraan, baik yang masuk maupun keluar Gunungkidul.

“Info jalan jogja – wonosari di sekitar gapura selamat datang gunungkidul dibuka saat ini. Mungkin akan diberlakukan buka tutup lagi saat nanti pengerjaan sampingnya.

Tapi… sambi seven ijeh buka tutup,” tulis akun @ceritagunungkidul

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, mengatakan pembukaan dua lajur ini bersifat sementara. Nantinya, lajur kanan yang menuju Jogja dari arah Gunungkidul akan dibongkar dan diperbaiki.

“Pekerjaan selanjutnya aspal sisi sebelahnya. Kemungkinan akan sistem buka tutup lagi,” katanya.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Satya Dhira Anggoro Arya Nugraha, juga mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan pekerjaan lajur kanan akan dimulai pada Rabu (4/9) dan akan diberlakukan sistem buka tutup lagi.

“Informasi yang saya terima, hari Rabu akan diberlakukan buka tutup lagi untuk pengerjaan lajur yang sebelah kanan,” ujarnya.

Salah satu pengendara, Markus Yuwono, mengaku senang dengan kondisi jalan Jogja-Wonosari ruas Patuk yang sudah bagus dan layak dilewati.

“Iya benar, tadi saya ke situ sudah bisa dilewati kendaraan. Kondisi jalannya juga sudah bagus nggak kaya kemarin berlubang,” katanya.

Markus juga mengatakan bahwa dengan dibukanya akses jalan ini, sistem buka tutup di ruas Sambipitu menjadi lebih lancar dan tidak terlalu lama.

“Efeknya untuk ruas Sambi Pitu yang diberlakukan buka tutup jadi lebih lancar. Kalaupun antre paling cuma 5 menitan,” katanya.

Jalan Jogja-Wonosari ruas Patuk merupakan salah satu jalan nasional yang menghubungkan Jogja dengan Gunungkidul.

Jalan ini sering menjadi sasaran wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Gunungkidul. dan sering mengalami kerusakan karena faktor cuaca dan beban kendaraan.