HAIJOGJA.COM – Stadion Maguwoharjo akan segera direnovasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merencanakan untuk melakukan revitalisasi stadion yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala UPT Stadion Maguwoharjo, Sumali, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan rapat daring dengan Kementerian PUPR dan konsultan perencana terkait rencana renovasi tersebut.

“Jadi intinya yang mandegani (memimpin) teman-teman perencana dari PUPR terus tadi paparan terkait dengan rencana renovasinya,” ujar Sumali seperti dikutip dari detikJogja, Selasa (26/9/2023).

Sumali menambahkan bahwa renovasi stadion ini bertujuan untuk membuat Stadion Maguwoharjo sesuai dengan standar FIFA.

Beberapa aspek yang akan diperbaiki antara lain adalah penerangan stadion, tribun penonton, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Memang ada beberapa, lampu memang harus ada pembenahan, termasuk nanti lampu dan sebagainya itu hal utama yang harus direnovasi dan banyak yang mau dibenahi. Mungkin akan distandarkan FIFA,” katanya.

Namun, Sumali belum bisa memastikan kapan renovasi stadion akan dimulai. Dia mengatakan bahwa hal itu merupakan kewenangan Kementerian PUPR dan pihaknya hanya menyediakan data yang dibutuhkan.

“Jadi untuk pasti dan kapannya untuk secara pastinya belum, tapi ini ya sudah proses, kemungkinan di tahun 2024. Ini kewenangan PUPR dan kami hanya menyajikan data yang diperlukan oleh PUPR,” ujarnya.

Renovasi stadion ini tentunya akan berdampak pada jadwal pertandingan Liga 1 musim 2023/2024 yang akan berakhir pada April 2024.

Sumali mengatakan bahwa pihaknya telah memberitahukan rencana renovasi kepada panitia pelaksana (panpel) dari kedua tim pengguna stadion.

“Kalau nanti (renovasi) memang di awal 2024, memang harus cari tempat lain dan kami nanti berkoordinasi dengan teman-teman panpel.

Mereka sudah tahu (akan ada renovasi) dan kami sudah bersurat menginformasikan pengguna rencana renovasi dari PUPR, kami melayangkan surat pemberitahuan awal,” pungkasnya.