HAIJOGJA.COM – Seorang pendaki wanita asal Spanyol, Jacinto Cornejo alias JC (37), mengalami kelelahan saat mendaki Gunung Merapi melalui jalur New Selo Boyolali, Jawa Tengah, yang ditutup sementara oleh petugas.

JC diduga tidak mengetahui status jalur tersebut dan tersesat tanpa membawa perlengkapan tenda.

“Saya Denise telah melakukan pendakian Gunung Merapi secara ilegal, karena saya mendapat informasi yang salah terkait pendakian. Saya menghapus semua gambar dan video. Saya mengumumkan tidak akan mengulangi kegiatan pendakian ilegal lagi,” ujarnya, di Kantor Resort Selo SPTN Wilayah II Boyolali Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Kamis, 14 September 2023.

Kejadian ini terjadi pada Rabu (13/9/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. JC yang sedang melakukan solo traveling di Gunung Merapi berhasil mencapai pos 4 dengan ketinggian 2.500 MDPL. Namun, kondisinya mulai lemah karena kurang beristirahat.

JC kemudian menghubungi biro asuransi untuk melaporkan kondisinya. Biro asuransi lantas menginformasikan hal ini ke Tim SAR dan meminta bantuan evakuasi.

Tim SAR gabungan segera bergerak menuju lokasi JC.

Pada pukul 12.10 WIB, JC berhasil dievakuasi oleh Tim SAR dengan keadaan selamat. JC kemudian dibawa ke Puskesmas Selo untuk mendapatkan perawatan medis.