HAIJOGJA.COM – Dalam Festival Teater antar Kabupaten/Kota Se-DIY tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY, Kontingen Kota Yogyakarta berhasil meraih juara dan membawa pulang piala bergilir.

Acara tersebut berlangsung pada Sabtu (2/9) di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Kontingen Kota Yogyakarta menampilkan pementasan Bunga Batu Kota Baru, yang mendapat banyak penghargaan, antara lain penyaji terbaik, aktris dan aktor terbaik, sutradara terbaik, dan ansambel terbaik.

Pementasan ini merupakan hasil dari seleksi di tingkat Kota Yogyakarta yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan pada bulan Juli lalu. Tim dari Kemantren Umbulharjo menjadi pemenang pada Festival Teater Kota Yogyakarta 2023 dan mewakili Kota Yogyakarta di tingkat DIY.

Sutradara Kontingen Kota Yogyakarta Warih Nugroho mengungkapkan, persiapan untuk pementasan ini tidaklah mudah.

Waktu yang diberikan hanya sekitar satu setengah bulan untuk tingkat kota dan dua minggu untuk tingkat DIY.

Namun, berkat modal dari proses sebelumnya dan talenta yang luar biasa dari 40 orang di timnya, mereka bisa menampilkan yang terbaik.

Warih juga menyampaikan, pementasan ini melibatkan talenta dari wilayah lain di Kota Yogyakarta yang dipilih melalui open casting.

Tujuannya adalah untuk menguatkan dan mengkolaborasikan kreativitas semua talenta terbaik Kota Yogyakarta.

Warih berharap kesenian dapat terus berkembang dan ada kemauan untuk saling belajar antara generasi muda dan tua.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq, menyatakan dukungan penuh dan pendampingan kepada tim selama proses persiapan hingga pementasan.

Rajwan mengapresiasi kinerja tim yang telah menjadi juara dan berharap ini dapat menambah semangat warga masyarakat, khususnya anak-anak muda, untuk terus mengembangkan kegiatan seni budaya di wilayah maupun tingkat Kota Yogyakarta.

Rajwan juga menyebutkan bahwa Pendopo Kemantren Umbulharjo menjadi pusat kegiatan masyarakat dalam pengembangan seni budaya dan aktivitas lainnya.