YOGYAKARTA, HAIJOGJA.COM –  Salah satu wisata sejarah yang terkenal di jogja adalah Candi borobudur, Candi ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia yang telah di akui UNESCO pada tahun 1991.

Candi Buddha ini begitu megah dan indah sehingga terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai Candi Buddha terbesar di dunia. Bahkan banyak orang yang bilang belum lengkap ke jogja jika tidak berkunjung ke Candi borobudur ini

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur didirikan pada abad ke-8, tepatnya sekitar tahun 750-an Masehi, pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Pembangunannya berlangsung selama sekitar 75 tahun hingga akhirnya rampung pada masa pemerintahan Raja Samaratungga.

Bangunan Candi ini  terdiri dari jutaan blok batu yang membentuk tiga struktur, menggambarkan tingkatan alam semesta menurut filsafat Buddha. Keindahan bangunan ini juga diperkaya dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

Sejarah Candi Borobudur
Candi Borobudur Tempo Dulu/Foto:Canva

Namun Kemegahan Candi Borobudur tidak selalu berjalan mulus. Sekitar tahun 1006, terjadi erupsi dahsyat dari Gunung Merapi yang menyebabkan Candi Borobudur tertimbun oleh debu vulkanik selama berabad-abad.

Namun, beberapa abad kemudian, Candi Borobudur akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh seorang insinyur Belanda bernama Hermanus Christiaan Cornelius. Pada saat itu, kerajaan Inggris yang diwakili oleh Thomas Stamford Raffles sedang menduduki beberapa bagian pulau Jawa, termasuk Jawa Tengah. Penemuan kembali Candi ini menjadi momen penting dalam sejarahnya.

Mengenal Relief Candi Borobudur

Candi Borobudur memuat 2672 panel relief yang jika disusun berjajar dengan perkiraan panjangnya mencapai 6 km. Relief Candi Borobudur dibagi menjadi empat kisah utama, yang masing-masing memiliki cerita dan pesan tersendiri

Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur/Foto:Pixabay
  1. Karmawibangga: Kisah ini memperlihatkan bagaimana hukum sebab-akibat menguasai alam semesta. Ajaran tentang karma yang diungkapkan melalui relief ini mengajarkan pentingnya perbuatan baik untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.
  2. Lalitawistara: Mengisahkan kelahiran Sang Buddha hingga mencapai pencerahan. Relief ini menyampaikan pesan tentang perjuangan dan pengorbanan dalam mencapai pencerahan
  3. Jataka/Awadana: Kisah ini memuat kisah-kisah kebajikan Sang Buddha dalam kehidupan sebelum menjadi seorang Buddha. Melalui relief ini, Candi Borobudur mengajarkan nilai-nilai luhur dan kebijaksanaan.
  4. Gandawyuha: Kisah ini merupakan perwujudan dari kebijaksanaan dan kesempurnaan yang dicapai oleh seorang Bodhisattva dalam mencapai pencerahan. Relief ini memberikan inspirasi tentang bagaimana mencapai kesempurnaan dalam kehidupan.

Lokasi Candi Borobudur

Candi borobudur berlokasi di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Walaupun berada di Magelang, Candi Borobudur dapat dicapai hanya dalam waktu 1,5 jam dengan kendaraan pribadi atau sewaan dari pusat Kota Jogja. Selain itu, tersedia juga transportasi umum yang menuju ke Candi Borobudur.

Dari Yogyakarta, kamu perlu menuju terminal bus Jombor untuk menaiki bus jurusan Borobudur. Jika kamu berada di dalam kota, anda dapat menaiki bus Trans Jogja jurusan terminal Jombor.

Setelah sampai di terminal Borobudur kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan becak, dokar, atau berjalan kaki.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur
Wisata Candi Borobudur/Foto:Borobudur Temple

Candi Borobudur dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Pengunjung dapat menikmati keindahan candi dan fasilitas di dalam area selama jam operasional tersebut.

Dikutip dari laman resmi candi borobudur yaitu borobudurpark.com tiket masuk candi dibagai menjadi beberapa kategori, Berikut diantaranya

1.  Tarif wisatawan nusantara per orang untuk sekali masuk
TWC Borobudur

  • Usia 10 tahun keatas: Rp 50.000
  • Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 25.000
  • Termasuk premi asuransi Rp 500 per orang

2. Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk * (dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)

  • Minimal 20 orang
  • TWC Borobudur: Rp 25.000
  • Termasuk premi asuransi Rp 500 per orang

3. Paket Terusan

Borobudur – Prambanan

  • Usia 10 tahun keatas: Rp  75.000
  • Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000

Borobudur– Ratu Boko

  • Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000
  • Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000

Biaya parkir di kawasan Candi Borobudur

Area parkir untuk mobil di Candi Borobudur sangat luas dan dilengkapi dengan banyak pohon untuk berteduh. Tarifnya berbeda antara hari biasa, akhir pekan, dan hari libur nasional. Berikut diantaranya

Hari Senin – Kamis:

  • Mobil: Rp10.000
  • Bus: Rp20.000

Hari Jumat – Minggu, serta Hari Libur Nasional:

  • Mobil: Rp15.000
  • Bus: Rp25.000

Nah, Itulah informasi lengkap mengenai sejarah Candi Borobudur, Harga Tiket, Jam Buka dan Lokasi. Jika kamu berkunjung ke jogja jangan lupa untuk mampir ke wisata yang terkenal ini!