HAIJOGJA.COM – Sego Godhog Pak Pethel merupakan salah satu kuliner legendaris di Jogjakarta yang tak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

Dengan aroma harum dan rasa yang menggugah selera, kuliner ini telah menarik perhatian banyak orang, baik warga lokal maupun wisatawan.

Untuk menikmati satu porsinya saja Kamu harus mengantri beberapa jam karena memang selalu dipenuhi pengunjung.

Warung Sego Godhog Pak Pethel ini sudah ada sejak tahun 1986, kemudian pada 1990 tercetuslah menu sego godhog, Pada masa itu harga satu porsi Sego Godhog hanya Rp. 125,

Apa Itu Sego Godhog

Sego godhog adalah hidangan khas Jawa, terutama dari daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Nama “sego godhog” sebenarnya berasal dari bahasa Jawa yang dapat diartikan sebagai “Nasi Rebus” dalam bahasa indonesia

Sego Godog Pak Pethel
Kuliner Sego Godog Pak Pethel

Sego godhog Awalnya merupakan salah satu kuliner penghilang masuk angin. Namun siapa sangka makanan ini begitu populer dan banyak diminati warga lokal maupun wisatawan sehingga Pak Slamet selaku pemilik Sego Godhog Pak Pethel mencetuskan sebuah nama untuk rumah makannya

Sedangkan Nama “Pak Pethel” tidaklah dipilih begitu saja. Nama ini diambil dari bahasa Jawa yang berarti rajin. Nama ini merujuk kepada sang pemilik warung, Pak Slamet, yang dikenal rajin dan berdedikasi dalam menyajikan kuliner lezat ini kepada para pelanggan.

Keunikan Sego Godhog Pak Pethel

Sego Godhog Pak Pethel memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari makanan lain. Meskipun sego godhog adalah rebusan nasi, namun dalam sajian ini terdapat nasi, bihun, daging ayam, telur, dan sayur yang diolah dengan sempurna.

Sego Godog Pak Pethel
Proses Memasak Sego Godog Pak Pethel dengan Kompor Tungku Arang

Selain itu Salah satu hal yang membuat Sego Godhog Pak Pethel begitu istimewa adalah proses memasaknya yang masih dilakukan secara tradisional.

Pak Slamet, sang pemilik, tetap mempertahankan penggunaan anglo (kompor arang) untuk memasak semua menu dalam warungnya. Diperlukan waktu lebih dari satu jam untuk memasak 12 porsi Sego Godhog dengan tiga anglo yang terus dinyalakan agar api tetap menyala.

Lokasi Sego Godhog Pak Pethel

Warung Sego Godhog Pak Pethel berada di Ngaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasinya juga mudah di temukan di Google Map

Sego Godog Pak Pethel ini mulai buka jam 19.00 WIB malam hingga jam 02.00 WIB, tetapi terkadang sudah banyak pelanggan yang datang atau memesan dulu sebelum jam tersebut.

Menu Sego Godhog Pak Pethel

Harga Sego Godhog Pak Pethel di jual Rp.15.000 /porsi, Warung Sego Godhog Pak Pethel juga tidak menyajikan minuman dingin. Berikut daftar menu Sego Godhog Pak Pethel lainya

Makanan

  • Nasi Godhog
  • Nasi Goreng
  • Mie Godhog
  • Mie Goreng
  • Mie Nyemek
  • Magelangan

Minuman

  • Teh Poci
  • Teh Manis Panas
  • Jeruk Panas / Hangat

Terdapat dua varian mangkuk dalam menu sego godhog, yaitu mangkuk standar yang cocok bagi pelanggan yang menginginkan porsi reguler. Sementara itu, untuk para pembeli yang menginginkan lebih banyak lauk seperti ceker, kepala, dan ati-ample, tersedia pilihan mangkuk berukuran jumbo.

Karena hidangan ini disajikan dalam porsi yang besar, pelanggan juga diberikan opsi untuk memesan setengah porsi jika merasa tidak mampu menikmati porsi penuh.

Nah, Itulah informasi mengenai wisata kuliner Sego Godhog Pak Pethel, Jadi, bagi Kamu yang sedang menikmati liburan di Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir mencicipi sajian Sego Godhog Pak Pethel yang lezat ini ya!