HAIJOGJA.COM – Selain dikenal sebagai kota wisata, Jogja juga dikenal dengan wisata kulinernya, salah satu wisata kuliner yang wajib dicoba di Yogyakarta adalah Warung Pojok Mbak Yuni.

Warung sederhana ini menawarkan hidangan-hidangan rumahan, termasuk sayur lodeh dan berbagai macam sayuran. Namun, ada satu menu yang menjadi favorit dan menjadi daya tarik utama di warung ini, yaitu “Telur Gobal-Gabul”

Menu Andalan Warung Pojok Mbak Yuni

Telur Gobal-Gabul adalah menu andalan yang menjadi primadona di Warung Pojok Mbak Yuni. Setiap hari, warung ini mampu menghabiskan sebanyak 3 kotak telur dengan berat total mencapai 45-50 kilogram.

Telur ini diolah dengan cara unik, yaitu dengan mencampurkan adonan telur dadar dengan irisan daun bawang, kemudian dimasak di atas wajan panas yang berisi minyak.

Telur Gobal-Gabul Warung Mbak Pojok Yuni
Menu Spesial Telur Gobal-Gabul Warung Mbak Pojok Yuni

Salah satu hal yang membedakan telur ini adalah bentuknya yang menyerupai jaring ikan dan teksturnya yang garing krispi dan gurih. Proses memasaknya pun masih menggunakan metode tradisional, dengan menggunakan anglo berisi bara api yang membara

Kisah Awal Mula Telur Gobal-Gabul Warung Mbak Yuni

Awalnya, Mbak Yuni memiliki niat untuk menyajikan hidangan telur dadar ala Padang sebagai tambahan menu di warungnya. Namun, dalam prosesnya Telur dadar yang seharusnya berbentuk tebal dan khas ala Padang justru berubah menjadi tipis dan garing krispi.

Meskipun kejadian ini merupakan hasil dari kesalahan resep dan metode penggorengan, Mbak Yuni memutuskan tetap untuk menjual telur dadar tipis dan krispi ini.

Ia merasa bahwa meskipun berbeda dari yang direncanakan, Keunikan rasa dan tekstur “Telur Gobal-Gabul” yang renyah dan gurih, membuat menu ini semakin istimewa di mata pengunjung.

Lokasi Warung Pojok Mbak Yuni

Lokasi warung Pojok Mbak Yuni ini sangat strategis di tengah kota, tepatnya di Jl. I Dewa Nyoman Oka No.3, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, membuatnya menjadi destinasi kuliner yang mudah diakses, hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Tugu Yogyakarta.

Lokasi ini cukup mudah ditemui dengan menggunakan Google Maps.

Harga Telur Gobal-Gabul Warung Mbak Yuni

Selain karena enak rasanya, warung ini ramai karena harganya yang relatif murah. Untuk telur dadar gobal gabulnya seharga Rp. 3.000 saja, dan untuk menu sayur dan telurnya seharga Rp. 10.000.

Jam Buka Warung Pojok Mbak Yuni

Warung Pojok Mbak Yuni buka mulai pukul 06.30 WIB hingga jam 14.00 WIB, Namun biasanya sebelum jam tutup makanan di warung ini sudah habis semua, dan akan kembali buka besok paginya lagi.

Kebanyakan pengunjung yang datang adalah wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas ini, orang tua yang sarapan setelah mengantar anak sekolah, dan pekerja yang istirahat makan siang.