HAIJOGJA.COM – Omah cantrik merupakan salah satu destinasi wisata kuliner terbaru di Yogyakarta, Resto ini hadir sebagai tempat wisata cantik di Jogja yang mengusung tempat makan ala pedesaan yang asri.

Resto omah cantrik ini berdiri pada bulan Juni 2020, Meskipun terbilang baru resto ini banyak di kunjungi wisata lokal dan asing karena keunikanya dan beberapa menu otentik khas pedesaan yang relatif murah

Menariknya lagi, Omah Cantrik menyediakan fasilitas trip VW susur desa. Dengan mobil antik VW safari, pengunjung dapat menikmati panorama desa dan sawah Kulon Progo yang masih asri.

Lokasi Omah Cantrik

Omah Cantrik ini terletak di Tanjung Gunung RT.13/ RW.05 Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Lokasi ini cukup mudah ditemui dengan menggunakan Google Maps.

Tempat wisata kuliner unik ini berjarak sekitar 26 kilometer arah barat dari pusat kota Yogyakarta. Waktu tempuh sekitar 45 hingga 60 menit dengan menggunakan mobil.

Jam Buka Omah Cantrik

Destinasi tempat wisata satu ini buka setiap hari dari pagi hingga menjelang tengah malam. Untuk hari biasa, buka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. Sedang saat akhir pekan, Omah Cantrik buka lebih awal yaitu pukul 08.00.

Tak jarang di akhir pekan Omah Cantrik kerap menjadi tempat pilihan singgah para pesepeda yang kebetulan lewat untuk beristirahat sejenak menikmati sajian di Omah Cantrik.

Daftar Harga Menu Omah Cantrik

Daftar Menu Omah Cantrik
Harga dan Daftar Menu Omah Cantrik

Omah Cantrik menyajikan beberapa menu otentik khas pedesaan, Berikut diantaranya

Menu Khas Omah Cantrik

  • Soto Gerabah, Rp8.000
  • Nasi Goreng Telur, Rp13.000
  • Nasi Goreng Ayam, Rp17.000
  • Nasi Goreng Ayam Kampung, Rp20.000
  • Bakmi Jowo Goreng/Godog, Rp17.000
  • Mie Lethek Goreng/Godog, Rp13.000
  • Mie Lethek Jumbo Goreng/Godog, Rp20.000
  • Magelangan, Rp18.000
  • Kwetiau Jowo Goreng/Godog, Rp13.000
  • Bihun Goreng/Godog, Rp15.000

Menu Special Omah Cantrik

  • Paket Nasi Ayam Goreng Rp18.000
  • Paket Nasi Ayam Bumbu Bali Rp30.000
  • Paket Nasi Richa Entok Gobyos Rp20.000
  • Spaghetei Bolognaise Rp20.000

Selain menu diatas ada beberapa men lainya, Seperti soto bathok, kopi bakar, geblek, mangut lele serta sayur lodeh yang menjadi favorit para pengunjung.

Menu Kuliner Omah Cantrik
Menu Kuliner Omah Cantrik
Jajanan jadoel Omah Cantrik
Jajanan jadoel dan dolan jadoel Omah Cantrik

Selain kuliner, pengunjung juga disajikan oleh berbagai jajanan jadoel dan mainan jadoel yang jarang ditemui di daerah perkotaan. Ada juga Racikan jamu khas UMKM kulon progo yang bisa dinikmati para pengunjung dengan harga yang sangat terjangkau Rp3.000/bathok.

Daya Tarik dan Aktifitas Seru di Omah Cantrik

Tak hanya menyajikan kuliner cukup variatif ala menu pedesaan, Omah Cantrik juga menyajikan beragam aktifitas seru lainya yang membuat pengunjung betah berlama-lama berada di sana.

1. Menyusuri Desa dengan Mobil VW Klasik

Hal yang berbeda dari tempat wisata yang lain yang ada di Jogja, Omah Cantrik menawarkan paket wisata susur desa dengan menggunakan kendaraan VW Safari.

Mobil VW Klasik Omah Cantrik
Mobil VW Klasik Omah Cantrik
Mobil VW Klasik Omah Cantrik
Menyusuri Desa dengan Mobil VW Klasik

Pengunjung dapat merasakan, melihat, dan menikmati keindahan alam berupa area persawahan hijau yang luas dan subur dengan pemandangan pegunungan Menoreh yang begitu menyejukkan mata.

Angin sepoi-sepoi pun setia menemani selama perjalanan menggunakan VW Safari. Wisatawan pun diperbolehkan berhenti di beberapa titik untuk berfoto.

Untuk biaya Susur Desa dengan Mobil VW Klasik ini dibanderol Rp 300 ribu per mobil dengan kapasitas maksimal 4 orang dengan durasi trip 1 jam 30 menit.

Namun untuk dapat menikmati paket wisata ini, wisatawan wajib melakukan reservasi terlebih dahulu. Cara reservasi pengunjung bisa menghubungi nomor whatsapp 081227510573. Atau untuk informasi terbaru bisa follow Instagram @omahcantrik

2. Cantrik Mbatik

Sembari kuliner, pengunjung dapat menikmati fasilitas Cantrik Mbatik. Dimana pengunjung bisa praktik langsung proses membatik tulis di berbagai media yang didampingi oleh edukator dari Omah Cantrik.

Uniknya, hasil membatik para pengunjung ini dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan berwisata di Omah Cantrik.

3. Playground

Tempat wisata kuliner omah cantrik ini juga menjadi tempat yang bersahabat untuk anak-anak, karena dilengkapi fasilitas playground dan anak-anak dapat memberi makan ikan di kolam ikan Omah Cantrik.

Nah, Itulah Ulasan mengenai wisata kuliner omah cantik yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta, Semoaga informasi ini bisa menjadi referensi buat kamu yang akan berlibur ke Jogja.