HAIJOGJA.COM – Idul Adha, penjualan ternak sapi di Pasar Hewan Ambarketawang terus melonjak sampai saat ini. Perputaran uang dari transaksi jual beli ditaksir menembus angka Rp2-3 miliar.

Yuda Andi Nugroho, Direktur UPTD Pasar Hewan Ambar Ketawan mengungkapkan, jumlah sapi yang datang ke pasar hewan terus meningkat menjelang hari kurban.

Biasanya sapi yang dibawa ke pasar berjumlah sekitar 250 ekor, namun minggu ini jumlah sapi yang diperjual belikan mencapai 300-350 ekor.

Puncaknya bisa sampai 400 ekor,” ujar Yuda pada Selasa 4/06.

Dari jumlah tersebut, setidaknya 50 hingga 100 ekor sapi dijual di pasar setiap harinya. Harga sapi di Pasar Hewan Ambar Ketawan berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 25 juta, namun bisa lebih mahal lagi tergantung bobot sapi yang dijual.

Menjelang Idul Adha, harga hewan ternak naik sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per ekor.

Yuda menambahkan, transaksi penjualan ternak di Pasar Hewan Ambar Ketawan mengalami peningkatan sebesar 5-10 persen. Sejauh ini nilai edar Pasar Hewan Ambar Ketawan mencapai Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar.

Kalau uang yang beredar di pasar bertambah, kemungkinan besar mencapai 5-6 miliar rupiah. Oleh karena itu, harga hewan ternak juga meningkat, sehingga meningkat dibandingkan hari biasa. Kata Yudah.

Terkait tren jual beli yang meningkat, Yuda memperkirakan tren tersebut akan terus berlanjut hingga setelah Hari Raya Kurban.

Ini kan masih tiga kali pasaran, mungkin hari terakhir nanti bisa jadi puncak untuk pasar, khususnya untuk mendekati kurban , ujar Yuda.