HAIJOGJA.COM –  Gunung Merapi terkenal diseluruh Indonesia. Dikenal sebagai salah satu gunung paling aktif, keindahannya pun banyak dipuji.

Tak sulit mencari tempat terbaik untuk melihat view Gunung Merapi di Yogyakarta. Berikut rekomendasi  view melihat keindahan Gunung Merapi.

5 Tempat View Gunung Merapi

1. Bunker Kali Adem

Bunker Merapi ( Foto : Instagram.com / Istimewa )

Merupakan bunker beton yang berada di lereng Gunung Merapi Yogyakarta. Pada tahun 2001, shelter ini dibangun sebagai tempat evakuasi masyarakat saat terjadi letusan gunung berapi.

Pada tahun 2006, bunker ini terkubur oleh aliran piroklastik saat terjadi letusan Gunung Merapi. Tempat ini sangat rekomendasi untuk Spot foto kamu.

Wisata Bunker Kaliadem, buka setiap hari selama 24 jam, tak terkecuali saat malam. Untuk akses kesana paling enak memakai Jeep Tour Merapi.

Lokasi

Beralamat di Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Plunyon Kali Kuning

Pluyon 2024 ( Foto : Instagram.com / Istimewa )

Plunyon Kalikuning merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Tempat tersebut mulai diminati wisatawan ketika dijadikan lokasi syuting film KKN Desa Penari.

Sejauh mata memandang terpampang keindahan alam berupa pepohonan hijau dengan suasana sejuk dan asri. Spotnya sangat rekomendasi untuk jalan-jalan. Masuk ke wisata pluyon cukup dengan tiket sebesar Rp10.000 saja.

Lokasi Dan Jam Operasional

Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Atau bisa ditemukan di Google Maps

Buka setiap hari pukul 09.00 – 16.30 WIB

3. Nawang Jagad

Nawang Jagat View ( Foto : Google.com )

Selain Bukit Klangon, ada juga tempat perkemahan bernama Nawang Jagad yang menawarkan keindahan dan pengalaman berkemah menarik di dekat Gunung Merapi.

Perkemahan ini terletak di dekat Barah di kabupaten Kaliurang. Nawang Jagad menawarkan lokasi yang luas dengan pemandangan pegunungan yang membuat suasana berkemah semakin menyenangkan.

Tarif sebesar Rp 10.000, untuk harga Camp Rp 35.000 Per orang.

Lokasi Dan Jam Operasional

Beralamat di Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Selasa-Minggu: 08.00-16.00 WIB
  • Jam check in camping: 14.00 WIB
  • Jam check out camping: 12.00 WIB
  • Hari Senin Libur/ditutup untuk umum

4. Klangon

Spot Foto Klangon ( Foto : Instagram.com )

Klangon Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling populer di kalangan wisatawan. Pengunjung bisa melihat dengan jelas panorama View Merapi dari bukit ini.

Pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk tentu menciptakan suasana nyaman untuk beristirahat disini.

Masuk ke wisata ini dekenakan tarif Rp 15.000 saja.

Jam Dan Lokasi

Beralamat di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka setiap hari 24 Jam

5. Kali Talang

Kali Talang Spot ( Foto : Google.com )

Berkunjung ke Kali Talang merupakan salah satu cara menikmati pemandangan Merapi. Destinasi wisata yang terletak di ketinggian 1.160 meter.

Kawasannya hanya berjarak 4km dari puncak Gunung Merapi sehingga kawahnya  terlihat jelas. Jika pengunjung ingin tinggal lebih lama, berkemah di sini juga bisa menjadi pilihan.

Tarif Rp 5000 Per orang, untuk biaya parkir Rp 5000.

Lokasi Dan Jam Operasional

Buka Setiap Hari Pukul 07.00 – 17.00 WIB

Beralamat di Sambangrejo, Balerante, Kec. Kemalang