HAIJOGJA.COM – Seorang mahasiswi berinisial DOD (22) yang kuliah di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta mencoba bunuh diri dengan memanjat tower saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) di Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Aksi nekat ini terjadi pada Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 10.00 WIB dan sempat membuat heboh warga sekitar. Video aksi DOD juga beredar luas di media sosial.

Menurut Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro, DOD diduga depresi karena tidak bisa bertemu dengan ayahnya yang berada di Jakarta.

“Informasi dari keluarganya, dia ingin ketemu ayahnya tapi tidak bisa,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, sebelum memanjat tower SUTET, DOD sudah mencoba bunuh diri dengan cara lain. “Semalam hampir lompat dari jembatan tetapi bisa digagalkan oleh warga,” katanya.

Pagi harinya, DOD keluar rumah tanpa pamit. Dia berlari ke arah barat dan bertemu dengan saksi yang sedang berada di sawah. Saksi tersebut merasa curiga dengan gerak-gerik DOD dan melapor kepada keluarganya.

Keluarga DOD kemudian mencari keberadaannya dan menemukannya sudah berada di atas tower SUTET. Mereka berusaha membujuknya untuk turun namun tidak berhasil. Akhirnya, mereka melaporkan kejadian ini ke polisi dan BPBD Sleman.

Petugas yang tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi. Mereka memanjat tower dan mengajak DOD berbicara agar mau turun. Setelah sekitar satu jam, DOD akhirnya bersedia turun dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.