HAIJOGJA.COM – Ajang olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2023, akan segera dimulai pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Hangzhou, China.

Indonesia mengirimkan 576 orang kontingen yang terdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 tim Chef de Mission untuk berkompetisi di 40 cabang olahraga.

Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/9). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia berharap para atlet dapat menunjukkan semangat juang yang tinggi dan mengharumkan nama bangsa.

“Kita semua berharap para atlet dapat memberikan yang terbaik dan meraih prestasi yang membanggakan.

Saya yakin kalian semua sudah siap dan berlatih keras untuk menghadapi tantangan di Asian Games 2023,” ujar Presiden Jokowi.

Dari 413 atlet yang dikirimkan, 8 di antaranya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka adalah Bernadetta Shella Herdanti (bola voli pantai), Sukma Lintang Cahyani (panjat tebing), Fahry Septian Putratama (bola voli indoor), Arif Dwi Pangestu, Anindya Nayla Putri, dan Dhany Diva Pradana (panahan), Lisa Ayu Kusumawati (bulutangkis), dan Aiman Cahyadi (balap sepeda).

Selain itu, DIY juga mengirimkan dua orang lain yang terlibat dalam Asian Games 2023, yaitu Vania Rosalin Irmanto sebagai wasit atau juri wushu, dan Didit Purwanto sebagai ofisial balap sepeda.

Para atlet asal DIY ini sudah memiliki prestasi yang cukup mentereng di tingkat nasional maupun

Dengan modal pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, para atlet asal DIY ini optimis dapat memberikan kontribusi positif bagi kontingen Indonesia di Asian Games 2023.

Mereka juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia, khususnya DIY.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Asian Games 2023.

Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia agar kami dapat tampil maksimal dan membawa pulang medali,” kata Arif Dwi Pangestu, salah satu atlet panahan asal DIY.