HAIJOGJA.COM – Sebuah video yang menunjukkan seorang polisi berambut putih mengikuti sidang nikah di Polres Bantul menjadi viral di media sosial.

Polisi tersebut diketahui akan memasuki masa pensiun tahun depan dan kini mengajukan sidang nikah untuk menikah lagi.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram resmi Polres Bantul, @polresbantuldiy, pada Rabu (20/9/2023).

Dalam video berdurasi 1 menit 8 detik itu, tampak seorang anggota Polres Bantul berambut putih bernama Aiptu Panut Sudiyana duduk bersama calon istrinya yang mengenakan blazer dan hijab hitam.

“Simbah sidang nikah minta ditungguin ternyata

Ya lur, pagi ini kami berkesempatan menemani keenam sedulurku yang sedang melaksanakan sidang BP4R yang berlokasi di Aula Wira Pratama Polres Bantul nih.

Di antara mereka, ada Mbah Panut yang merupakan peserta yang paling senior karena beberapa bulan lagi akan purna tugas sebagai anggota Polri.

Wah selamat ya simbah, semoga langgeng selalu dan kita tunggu undangan pernikahannya nanti ya,” tulis caption akun Instagram @polresbantuldiy

Aiptu Panut Sudiyana atau yang akrab disapa Mbah Panut adalah peserta tertua dalam sidang nikah yang diikuti oleh enam pasangan lainnya.

Sidang nikah tersebut merupakan salah satu persyaratan utama anggota Polri sebelum menikah, yang disebut BP4R (Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian Dan Rujuk).

Mbah Panut adalah anggota Polri yang sudah berusia 57 tahun dan akan pensiun pada bulan Mei 2024. Ini adalah pernikahan kedua bagi Mbah Panut setelah pernikahan pertamanya kandas pada tahun 2020.

Kini, Mbah Panut membuka hati untuk menikah lagi dengan Raden Rany Yasmina, seorang wanita yang lebih muda enam tahun darinya.

Dalam video itu, Mbah Panut terlihat mencari-cari rekan kerjanya yang datang terlambat dan menjadi saksi dalam sidang nikah.

Rekan kerjanya tersebut adalah Bripka Eko Widianto, seorang polisi berkumis yang juga muncul dalam video. Mbah Panut tampak senang dan bercanda dengan rekan-rekannya setelah sidang nikah selesai.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Polres Bantul menggelar sidang nikah dengan peserta tertua. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Mbah Panut dan calon istrinya.

“Selamat ya simbah, semoga langgeng selalu dan kita tunggu undangan pernikahannya nanti ya,” kata Jeffry seperti dikutip dari detikJogja.