HAIJOGJA.COM – Pasar Munggi 2 yang terletak di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah rampung dibangun dan di sempurnakan

Pasar ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menertibkan pedagang yang berjualan di pinggir jalan dan mengganggu arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro, mengatakan bahwa relokasi pedagang akan dilakukan secara bertahap mulai besok, Jumat 15 september 2023.

Sebelumnya juga sudah di lakukan Sosialisasi relokasi pedagang pada hari Senin, 11 September 2023

Acara Sosialisasi relokasi itu dihadiri oleh Dinas Perdagangan bersama Kepala Bidang Pasar dan UPT pasar wilayah 2 yang juga dihadiri oleh Bappeda, Bidang Perekonomian, Koramil, Polsek, Dishub, Satpol PP, Kecamatan, Lurah, Dukuh, Rt/Rw, Apsi, dan Pedagang.

“Yang kami pindah dan prioritaskan pedagang yang berjualan di bahu-bahu jalan. Rata-rata itu pedagang sayuran. Jadi kami sebenarnya hanya menyempurnakan pasar yang sudah ada,” ujarnya seperti dikutip dari tribunjogja.com

Pembangunan pasar ini menelan dana sebesar Rp2 miliar dari dana tugas pembantuan. “Ya itu, tujuannya biar lebih tertib. Pedagang yang jualan di bahu jalan jelas akan mengganggu lalu lintas dan menimbulkan kemacetan,” paparnya.

Kelik berharap bahwa dengan adanya pasar baru ini, omzet para pedagang bisa meningkat. Pasar ini juga diharapkan menjadi lokomotif perekonomian di Semanu.

“Dan, para pedagang diimbau agar segera menempati pasar baru sehingga bahu jalan bisa steril tidak dipakai untuk berjualan,” ujarnya.