HAIJOGJA.COM – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih juara umum dalam Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Cabang Olahraga Drum Band yang berlangsung di Yogyakarta dan Gunungkidul pada 11-12 September 2023.

DIY mengumpulkan 11 medali emas dan 2 medali perak dengan total poin 1190.

Selain DIY, lima kontingen lainnya yang berhasil lolos ke PON XXI Aceh – Sumatera Utara 2024 adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DKI Jakarta.

Mereka akan bersaing dengan kontingen tuan rumah dan lima kontingen terbaik dari BK PON Drum Band wilayah lainnya.

BK PON Drum Band diikuti oleh 12 provinsi dengan 17 mata lomba yang dipertandingkan.

Ketua Pengurus Besar, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Marsekal Pertama Ronny Irianto Monigka, ST, MM mengapresiasi seluruh kontingen yang telah berpartisipasi dalam ajang ini.

“Olahraga drum band bukan olahraga perorangan sehingga kami memberikan apresiasi atas effort kepada seluruh kontingan yang sudah datang mengikuti BK PON di Yogyakarta dan Gunungkidul ini,” ujar Ronny dalam penutupan BK PON di Pendopo TBG, Selasa (12/9/2023).

Ronny juga berharap kontingen yang belum lolos dapat mengikuti event lain seperti open matching tournamen untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman mereka.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, yang turut hadir dalam penutupan BK PON, mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengundang para atlet untuk menikmati keindahan wisata Gunungkidul sebelum pulang ke daerah asal.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat saya meminta maaf jika dalam memberikan fasilitas penyelenggaraan ada hal yang kurang berkenan,” kata Sunaryanta.