HAIJOGJA.COM – Jalur sepeda baru di Kulonprogo telah selesai dibangun oleh Dishub. Jalur sepeda ini menghubungkan Bank BRI Unit Adyaksa dengan kompleks Pemkab Kulonprogo.

Sukirno, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, mengatakan bahwa jalur sepeda ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Ia juga berencana untuk memperpanjang jalur sepeda tersebut pada tahun depan. “Jalur sepeda ini mulai dari depan Bank BRI Unit Adyaksa, lalu ke arah Timur sampai depan Kodim.

Dari depan Kodim, belok ke arah Selatan. Sampai di halaman kompleks Pemkab Kulonprogo,” ujarnya, Kamis (7/9/2023).

Panjang jalur sepeda ini sekitar 443 meter. Sukirno menjelaskan bahwa jalur sepeda ini dibangun dengan cepat karena menjadi salah satu persyaratan untuk mendukung penilaian kabupaten sehat.

“Tahun depan kami akan usulkan anggaran untuk memperpanjang jalur sepeda ini. Kami harap bisa terus menyambung jalur sepeda ini secara bertahap,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pembangunan jalur sepeda harus mempertimbangkan kondisi ruas jalan yang ada. Jika ada ruas jalan yang digunakan sebagai tempat parkir, maka harus dipikirkan ulang.

“Kami fokus dulu untuk membangun jalur sepeda di daerah perkotaan seperti Wates,” tuturnya.

Di sisi lain, Nur Eny Rahayu, Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo, mengatakan bahwa jalur sepeda ini akan sangat bermanfaat untuk pengaturan lalu lintas.

“Menurut kami, jalur sepeda itu penting agar tidak tercampur dengan kendaraan bermotor. Kecepatan antara sepeda dan kendaraan bermotor itu kan berbeda,” ucap Eny.

Ia juga mengatakan bahwa jika ada event olahraga yang menggunakan sepeda, maka kecepatan sepeda harus disesuaikan.

Dengan adanya jalur sepeda, pengguna sepeda akan lebih aman karena tidak berbaur dengan kendaraan bermotor.

“Perlu ada pemisahan antara jalur sepeda dan kendaraan bermotor, meskipun tidak di semua ruas jalan. Kalau tidak dipisah nanti akan kacau. Menurut saya perlu diperpanjang tapi tergantung kebutuhan,” katanya.

Eny juga menyebutkan bahwa ada beberapa ruas jalan yang sempit sehingga tidak memungkinkan untuk membuat jalur sepeda.

Begitu juga dengan ruas jalan yang masih jarang dilalui kendaraan yang belum memerlukan jalur sepeda.