Pergi liburan ke Gunung Kidul tak lengap jika pulang tidak mebawa oleh-oleh, Banyak tempat oleh-oleh khas Gunung Kidul yang menawarkan berbagai macam makanan tradisonal seperti tiwul dan geplak bahkan kuliner unik seperti walang goreng.

di kawasan Wisata Gunung Kidul banyak tempat oleh-oleh yang menjual berbagai macam makanan dan kerajinan tangan dengan harga yang murah dan terjangkau, Berikut daftarnya:

1. Pusat Oleh-oleh Mbak Tiwiek

Pusat Oleh-oleh Mbak Tiwiek
Pusat Oleh-oleh Mbak Tiwiek

Terletak di Jalan Ringroad Timur, Selang, Wonosari, Gunungkidul, Pusat oleh-oleh Mbak Tiwiek selalu menjadi favorit wisatawan yang baru pulang dari Gunungkidul.

Kalian bisa memilih berbagai jenis oleh-oleh khas Jogja seperti bakpia pathuk, geplak, dodol dan lainnya. Pusat oleh-oleh Mbak Tiwiek buka setiap hari dari jam 09.00–21.00 WIB.

2. Toko Oleh-Oleh Pak Gareng

Toko Oleh-Oleh Pak Gareng
Toko Oleh-Oleh Pak Gareng

Salah satu produk unggulan Toko oleh-oleh Pak Gareng adalah jangkrik goreng yang terkenal lezat. Selain itu, Kalian juga bisa menemukan camilan Jogja lainnya seperti bakpia, dodol, geplak, sampai olahan singkong.

Toko Oleh-oleh Pak Gareng berlokasi di Jalan Dharmakusuma, Selang 1, Wonosari, Gunungkidul. Toko ini memiliki area parkir yang luas dan fasilitas toilet dan musala. Sangat cocok untuk beristirahat sejenak sambil mencari oleh-oleh!

3. Gendhis Manis

Gendhis Manis Gunung Kidul
Gendhis Manis Gunung Kidul

Gendhis Manis adalah toko oleh-oleh di Playen Gunung Kidul yang menawarkan tiwul kukus sebagai produk andalannya. Toko ini memiliki tempat parkir yang cukup besar, sehingga mudah bagi kendaraan pribadi atau bus untuk berhenti di sini.

Selain tiwul dan gatot, Kalian juga bisa mendapatkan oleh-oleh Jogja lainnya seperti bakpia. Toko Gendhis Manis buka dari jam 08.00–20.00 WIB dan beralamat di Jalan Nasional III nomor 16 Gading, Playen, Gunungkidul.

4. Griya Cokelat Nglanggeran

Griya Cokelat Nglanggeran
Griya Cokelat Nglanggeran

Jika kalian suka cokelat, Kalian harus mengunjungi Griya Cokelat Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran Wetan, Patuk, Gunungkidul. Toko ini buka dari jam 09.00–16.00 WIB.

Griya Cokelat Nglanggeran adalah UMKM yang dikelola langsung oleh warga setempat. Di sini kalian bisa mendapatkan produk olahan cokelat seperti chocomix, cokelat batang dan dodol. Semua produk ini sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh setelah liburan dari Gunungkidul.

5. Gathot Thiwul Yu Tum

Gathot Thiwul Yu Tum
Gathot Thiwul Yu Tum

Gathot Thiwul Yu Tum adalah tempat belanja oleh-oleh yang cukup terkenal di Gunungkidul. Di sini kalianbisa menikmati tiwul dengan berbagai rasa. Selain itu ada juga gatot, rengginang dan pathilo.

Tempat ini terletak di Jalan Pramuka nomor 36, Pandansari, Wonosari, Gunungkidul. Tempatnya mudah dicapai dan memiliki gedung dua lantai. Di lantai atas ada rumah makan yang menyajikan masakan jawa.

Dengan banyak pilihan dan harga yang terjangkau, tidak heran jika tempat-tempat belanja ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Ayo datang ke sini!